Jair Bolsonaro Terpilih sebagai Presiden Brasil

0

Wuines.com – Jair Bolsonaro memenangi kursi Presiden Brasil pada hari Minggu, menandai perubahan dramatis negara terbesar di Amerika Latin ke ekstrem kanan. Dia dalam kampanye banyak memelintir kondisi

Seperti diduga sebelumnya, pria berusia 63 tahun itu melakukan kampanye sosial media seperti yang dilakukan oleh Donald Trump. Dia menjanjikan memerangi korupsi politik dan kriminalitas. Cara dia berkampanye dengan simbol kekerasan, seperti menunjuk dengan jari dan jempol membentuk pistol.

Kemenangannya memperpanjang para figur populis di dunia yang memenangi pemilihan kepala negara atau pemerintahan. Sebelumnya tercatat Rodrigo Duterte, Donald Trump, Sebastian Kurz, Guiseppe Conte, dan Recep Tayyip Erdogan.

Mereka adalah para tokoh yang sebelumnya bagian dari kekuasaan lama yang menggambarkan diri sebagai reformis, sebagai bagian di luar kekuasaan mapan. Padahal sebagian dari mereka adalah para anggota parlemen atau kongres di negara mereka.

Termasuk Jair Bolsonaro yang menggambarkan diri sebagai tokoh yang melawan kekuasaan tradisionalis di Brazil. Dia anti gay dan anti aborsi. Walaupun dia bercerai dan menikah untuk ketiga kalinya, dia mengaku sebagai pendukung nilai-nilai keluarga. Suatu pilihan sikap yang membuat dia populer di kalangan pemuka gereja.

Hal lain yang mengangkat popularitasnya adalah korupsi dan Partai Pekerja menjadi sasaran tembaknya. Sejak krasi ditegakkan lagi 1985, dua presiden dimakzulkan, satu masuk penjara, presiden yang berkuasa sekarang juga dituduh korupsi. Sepertiga anggota DPR Brazil sedang diselidiki karena korupsi.

Namun di tengah dukungan itu, banyak pihak yang menganggap pilihan terhadap Bolsonaro dipilih karena Hadad dianggap bagian dari rezim korup. Juga dia dianggap sebagai kepanjangan tangan Lula dan Silva yang dipenjara. (Wuines.com)