Ayo Dukung Asian Games Jakarta Palembang 2018!

0

Kian mendekat  hari penyelenggaraan event olah raga terbesar di Asia Asian Games 2018. Kini gaung pesta yang seharusnya disambut gegap-gempita itu nyaris tenggelam oleh gelora politik. Politik yang menjahili agenda yang bisa mengangkat kebanggaan martabat Indonesia di mata bangsa-bangsa Asia. Indonesia sebagai bangsa besar baru kembali menjadi tuan rumah setelah 1962 menyelenggarakannya.

Indonesia mendapatkan kesempatan unjuk gigi menampilkan khasanah seni, budaya, dan olahraga dengan menjadi tuan rumah. Persiapan dan pelaksanaan pembangunan venue dan infrastruktur pendukung terus dikebut.

Persiapan dan pembangunan fisik di Jakarta menunjukkan perkembangan yang signifikan. Velodrome Rawamangun dan Stadion Utama Gelora Bung Karno telah disulap menjadi arena yang super keren. Demikian pula persiapan di Palembang kian dipercantik dengan berbagai ornamen khas Indonesia yang menarik.

Yang tak kalah pentingnya adalah persiapan pengisian acara seperti pembukaan dan penutupan. Panitia Pelaksanana Asian Games 18 (INASGOC) telah mempersiapkan acara yang melibatkan berbagai kesenian yang akan menyemarakkan pertandingan.

Namun, jelang waktu kian mendekat, Asian Games belum mendapatkan gaung yang menggema. Belum muncul kebahagiaan absolut. Belum tampak antusiasme menyambut pelaksanaan kegiatan besar hajat perhelatan bangsa-bangsa Asia. Event langka ini belum mampu menciptakan kegairahan olah raga di masyarakat.

Berbagai penyebabnya adalah kurangnya greget promosi. Faktor lainnya adalah konsentrasi pelaksanaan utamanya adalah hanya tentang persiapan infrastruktur, tentang proyek, tentang kue yang dibagi. Sementara para atlet yang akan bertanding mewakili bangsa dan negara Indonesia tidak muncul. Tidak ada ekspose besar-besaran untuk menunjukkan kebesaran atlet Indonesia yang akan bertanding.

Atlet yang seharusnya ditonjolkan untuk memromosikan tidak tampak, yang menonjol justru sisi hiburan para penghibur yang tidak langsung terkait dengan olah raga. Para aktris dan selebritas benar menjadi influencer, namun atlet-atlet top Indonesia semestinya juga dilibatkan secara aktif untuk mendorong kegairahan Asian Games.

Publik Indonesia juga harus disemangati untuk minimal mendukung pelaksanaan Asian Games ini. Indonesia tidak usah terlalu banyak berharap menjadi juara umum atau bahkan 10 besar di Asia.

Secara realistis Indonesia hanya memiliki kesempatan merebut medali emas di cabang bulu tangkis, menembak, dan olahraga tradisional pencak silat. Juga sedikit kesempatan mungkin di atletik. Untuk olahraga terpopuler sepakbola dipastikan Indonesia akan menjadi penonton sampai babak penyisihan.

Untuk itu seperti diminta oleh Presiden Joko Widodo, masyarakat harus mendukung suksesnya pelaksanaan Asian Games ke-18 ini. Kehormatan dan kebanggaan bangsa menjadi taruhan. Asian Games harus sukses dalam hal pelaksanaannya, tidak usah muluk-muluk soal prestasi. #AsianGames18.